Sabtu, 18 April 2020

7 Penyebab mobil mati mendadak saat berjalan

Hal yang paling dihindari selama menempuh perjalanan dengan kendaraan adalah mesin mati mendadak saat berjalan. Namun, masalah mobil mati mendadak saat berjalan juga kerap dialami oleh kebanyakan pengemudi.

Kompleksnya sistem pada mobil serta kurangnya perhatian dan perawatan pada kendaraan menjadi alasan yang kerap menimbulkan masalah mobil mati mendadak saat berjalan. Tentu saja, hal ini sangat merugikan dan merepotkan terlebih jika terjadi saat perjalanan jauh.

Hal yang paling dihindari selama menempuh perjalanan dengan kendaraan adalah mesin mati me 7 Penyebab mobil mati mendadak saat berjalan

Nah pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi masalah mobil tentang penyebab mobil mati mendadak saat berjalan. Simak infonya dibawah berikut ini...


1. Kehabisan bahan bakar


Penyebab mobil mati mendadak saat berjalan yang paling sering terjadi adalah mobil kehabisan bahan bakar. Yang namanya kehabisan bahan bakar tentu saja akan mengakibatkan mobil mati mendadak karena tidak ada lagi bahan bakar yang bisa digunakan agar mesin tetap dapat bekerja.

Kehabisan bahan bakar bisa dikarenakan memang kita lupa mengisi bahan bakar atau ada masalah pada indikator level bahan bakar. Ya, tidak jarang kerusakan pada indikator level bahan bakar bisa menyebabkan mobil mati mendadak saat berjalan aibat kehabisan bahan bakar.

Hal ini terjadi karena level penunjukkan bahan bakar di dashboard tidak sesuai dengan jumlah bahan bakar yang ada di tanki bahan bakar, seperti misalnya pada indikator level menunujukkan bahan bakar terisi setengah tangki, namun faktanya ditangki , bahan bakar sudah hampir habis.


2. Pompa bahan bakar (Fuel pump) mati


Penyebab mobil mati mendadak saat berjalan yang kedua adalah akibat pompa bahan bakar (fuel pump) mati atau rusak. Hal ini lebih sering terjadi pada mobil yang menggunakan pompa bahan bakar tipe motor elektrik.

Fungsi utama dari fuel pump adalah untuk mengalirkan bahan bakar menuju ke silinder mesin melalui injektor atau karburator. Tanpa adanya fuel pump yang bekerja dengan baik, maka bahan bakar tidak dapat dialirkan ke mesin sehingga mesin mati mendadak.

Penyebab fuel pump mati mendadak ini bisa terjadi karena berbagai faktor, sekring atau relay putus, socket fuel pump lepas, atau karena memang motor fuel pump sudah rusak.


3. Koil mobil mati


Koil mobil mati juga bisa menjadi penyabab mobil mati mendadak saat berjalan. Namun, masalah ini hanya akan dihadapi oleh mobil-mobil yang hanya menggunakan satu koil untuk seluruh silinder mesin.

Kalau mobil sudah menggunakan sistem satu koil untuk satu silinder mesin, kecil kemungkinan mobil langsung mati saat berjalan. Biasanya mesin akan bergetar dan pincang saja.

Koil ini berfungsi untuk menghsilkan percikan bunga api listrik di busi dengan memanfaatkan arus listrik tegangan tinggi. Ketika koil mobil mati, maka busi tidak bisa menghasilkan percikan bunga api listrik dalam silinder mesin. Akibatnya tidak terjadi proses pembakaran didalam mesin guna menghasilkan tenaga.

Oleh karena itu, ketika koil ini mati, maka mesin mobil akan langsung mati dengan tiba-tiba meskipun mobil dalam posisi berjalan.


4. Dinamo ampere rusak


Penyebab mobil mati mendadak saat berjalan yang berikutnya adalah akibat dinamo ampere rusak. Dinamo ampere (alternator) berfungsi sebagai penyedia arus listrik ke seluruh komponen kelistrikan kendaraan saat mesin hidup seperti ECU, sensor, aktuator, lampu-lampu hingga ke sistem AC.

Saat dinamo ampere rusak, maka arus listrik sepenuhnya akan diambil dari aki mobil. Ketika listrik yang disimpan di aki mobil ini juga habis, maka mobil akan mati mendadak saat berjalan akibat tidak ada arus listrik yang bisa digunakan oleh ECU mesin dan komponen kelistrikan mesin lainnya.

Baca juga :


5. Mesin overheat


Mesin overheat juga bsa menjadi penyebab mobil mati mendadak saat berjalan. Mesin overheat merupakan peristiwa ketika suhu kerja mesin sudah terlalu panas dan melewati batas suhu kerja aman.

Penyebab mesin overheat ini banyak, namun akibat yang ditimbulkan karena mesin overheat bisa membuat hancur mesin. Ya, saat terjadi overeat, panas yang dihasilkan mesin tidak dapat diredam oleh sistem pendingin mesin. Akibatnya, panas tersebut akan membuat komponen mesin seperti piston, silinder mesin, crankshaft, dan lain-lain memuai secara berlebihan.

Pemuaian pada komponen tersebut akan membuat mesin menjadi macet bahkan pada piston dan dinding silinder biasanya akan muncul goresan yang dalam sehingga untuk memperbaikinya harus dilakukan perbaikan sampai turun mesin.


6. Kehabisan oli mesin


Selain bahan bakar, kehabisan oli mesin juga bisa menjadi penyebab mobil mati mendadak saa berjalan. Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen di dalam mesin. Ketika oli mesin habis, maka tidak ada pelumasan yang terjadi pada komponen-komponen tersebut. AKibatnya, komponen mesin manjadi memuai dan macet sehingga mobil mati secara mendadak.

Penyebab kehabisan oli mesin yang tiba-tiba ini umumnya terjadi akibat carter oli sobek akibat terbentur batu sehingga oli mesin bocor dan keluar. Umumnya indikator oli akan menyala saat mesin mulai kehabisan oli mesin. Oleh karena itu segeralah menepi saat indikator oli mesin ini menyala.


7. Sekring dan relay EFI rusak


Penyebab mobil mati mendadak saat berjalan yang terakhir ombro ketahui adalah akibat sekring EFI ataupun relay EFI rusak. Sekring dan relay EFI ini merupakan komponen penghubung arus listrik dari aki ke komputer mesin (ECU).

Tanpa arus listrik yang memadai dari aki akibat adanya kerusakan pada sekring dan relay EFi, maka ECU tidak dapat bekerja dengan baik sehingga seluruh kontrol dan sistem EFI pada kendaraan akan gagal bekerja. Akibatnya mobil mati mendadak saat berjalan.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil